Kriteria Penumpang Kereta Api di Tengah Pandemi Covid-19

Kriteria Penumpang Kereta Api di Tengah Pandemi Covid-19

Berada di tengah pandemi Covid-19 membuat sejumlah transportasi kekurangan akses. Terbatasnya akses untuk masuk ke sebuah wilayah membuat terjadinya penurunan jumlah penumpang. Seperti halnya yang dialami transportasi kereta api. Berada di tengah pandemi membuat jumlah penumpang kereta mengalami penurunan yang sangat tajam. Ditutupnya sejumlah stasiun karena meningkatkan kasus Covid-19 membuat akses keluar masuk menjadi sangat susah. Namun kini PT KAI telah mempersiapkan sebuah layanan khusus untuk di tengah pandemi Covid-19 dimana para calon penumpang harus memenuhi kriteria yang ada untuk bisa berpergian menggunakan kereta. Lalu apa saja kriteria calon penumpang yang bisa naik kereta?

Kriteria Penumpang Kereta Api di Tengah Pandemi Covid-19Berada di tengah pandemi Covid-19 membuat PT KAI mengambil langkah yang paling tepat untuk mencegah penularan Covid-19. Layanan kereta di tengah pandemi Covid-19 ini adalah KLB atau kerta luar biasa. Layanan kereta ini dibuat untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Untuk bisa naik kereta ini maka para calon penumpang harus memenuhi syarat yang sudah berlaku. Selain memperhatikan syaratnya, para calon penumpang juga wajib menggunakan masker atau face shiled dan jaga jarak selama perjalanan. Bahkan sebelum berangkat para calon penumpang dipastikan mempunyai suhu tubuh yang normal. Jika suhu tubuh terlalu tinggi atau lebih dari 37,3°c maka calon penumpang tidak bisa melakukan perjalanan.

Kriteria penumpang kereta api yang diperbolehkan melakukan perjalanan adalah orang yang bekerja dari lembaga pemerintah atau swasta dengan menunjukan bukti. Bukti tersebut adalah menunjukan surat tugas dari institusi terkait, melampirkan hasil negatif dari pemeriksaan Covid-19. Bagi yang tidak berasal dari institusi tertentu maka harus menunjukan bukti dengan tanda tangan atas materai diketahui oleh Lurah atau Kepala Desa setempat. Menujukan identitas KTP dan memberikan lapiran atas perjalanan yang akan dilakukan.

Sedangkan untuk kriteria calon penumpang yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat maka harus menunjukan identitas KTP, menunjukan surat rujukan, surat keterangan kematian jika akan mengunjungi keluarga yang tengah meninggal dunia, dan menunjukan hasil negatif dari pemeriksaan Covid-19. Selanjutnya untuk kriteria penumpang yang merupakan migran atau mahasiswa yang belajar dari luar kota atau negeri bisa menyertakan hasil pemeriksaan Covid-19, menunjukan identitas KTP, surat keterangan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia bagi para migran, dan surat keterangan dari Universitas bagi para mahasiswa.

READ  Mengetahui Harga Tiket Kereta Bandung Banjar

Itulah beberapa kriteria dari para calon penumpang yang ingin diperbolehkan untuk menggunakan kereta api. Bagi calon penumpang yang tidak memenuhi kriteria maka tidak bisa melakukan perjalanan jauh. Bagi anda yang bisa menggunakan kereta maka tetap patuhi protokol kesehatan yang ada. Jaga jarak, jaga kebersihan, gunakan masker, dan handsanitizer. Buat perjalanan anda menjadi aman dan nyaman agar terbebas dari paparan Covid-19.

 

 

About the Author

Related Posts